Renungan Harian

31 May 2010

Renungan Harian, 31 Mei 2010 – Santa Perawan Maria Mengunjungi Elizabeth Saudaranya

Filed under: Renungan Harian — Tags: , — Renungan Harian @ 06:00

Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya (Luk 1:41)

Maria dan Elisabet adalah dua pribadi yang beriman kuat. Masing masing mengemban tugas mulia untuk melengkapi penebusan dunia. Dan yang penting mereka menunjukkan keindahan persahabatan dlm menjalankan tugas mulia Tuhan. Mereka dibakar oleh semangat Roh untuk saling mendukung sehingga mampu mewujudkan kemuliaan Tuhan. Maukah kita seperti mereka menjalin persahabatan sebagai umat beriman, untuk mengembangkan Gereja?

Berserulah dan bersorak-sorailah, hai penduduk Sion, sebab Yang Mahakudus, Allah Israel, agung di tengah-tengahmu! (Yes 12:2)

30 May 2010

Renungan Harian, 30 Mei 2010 – Hari Raya Tritunggal Maha Kudus

Filed under: Renungan Harian — Tags: , — Renungan Harian @ 06:00

Segala yang Bapa punya, adalah Aku punya, Ia (Roh Kebenaran) akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya daripada-Ku. (Yoh 16:15)

Di sini disebut tiga pribadi: Bapa, Aku, yaitu Yesus atau Putra, dan Roh Kebenaran. Tiga pribadi yang kita sebut Allah Tritunggal, esa, satu, tak terbagi. Itulah misteri iman akan Allah yang tidak bisa kita fahami. Allah hanya bisa kita sembah dan kita muliakan. Dan dengan penuh syukur kita terima apa pun yang mau Ia wahyukan mengenai diri-Nya. Semoga kehadiran Allah Tritunggal sungguh kita rasakan dalam hidup serta memimpin kita kedalam seluruh kebenaran.

(Ya TUHAN, Tuhan kami, betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi! Keagungan-Mu yang mengatasi langit dinyanyikan.Mzm 8:2)

29 May 2010

Renungan Harian, 29 Mei 2010

Filed under: Renungan Harian — Tags: , — Renungan Harian @ 06:00

“Jikalau demikian, Aku juga tidak mengatakan kepada kalian, dengan kuasa manakah Aku melakukan hal hal itu”. (Mrk 11:33b)

Banyak orang orang usil mencari cari kesalahan keyakinan kita. Tidak ada guna perdebatan dengan mereka. Iman kita akan Kristus tidak perlu menjadi bahan perdebatan. Yang perlu kita lakukan adalah mempertanggung jawabkan iman dengan perbuatan nyata. Dalam ketidak tahuan kita akan Allah ( dibanding mereka yang merasa tahu ) itulah iman kita diuji.

Ya Allah, Engkaulah Allahku, aku mencari Engkau, jiwaku haus kepada-Mu, tubuhku rindu kepada-Mu, seperti tanah yang kering dan tandus, tiada berair. (Mzm 63:2)

28 May 2010

Renungan Harian, 28 Mei 2010

Filed under: Renungan Harian — Tags: , — Renungan Harian @ 06:00

Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap (Yoh 15:16)

Iman menentukan segala sesuatu yang akan terjadi. Tanpa iman, segalanya tidak ada artinya. Iman menentukan keselamatan. Hidup merupakan anugerah Tuhan. Bagaimana kita mengisi hidup ini dengan penuh tanggung jawab? Dengan iman yang teguh, harapan yang kuat, dan cinta yang ikhlas niscaya hidup akan berbuah banyak. Yaitu buah roh kudus dan menjadi garam dan terang dunia. Tuhan memberkati.

“TUHAN itu Raja! Sungguh tegak dunia, tidak goyang. Ia akan mengadili bangsa-bangsa dalam kebenaran.” (Mzm 96:10)

27 May 2010

Renungan Harian, 27 Mei 2010

Filed under: Renungan Harian — Tags: , — Renungan Harian @ 06:00

Mereka memanggil orang buta itu dan berkata kepadanya “Kuatkan hatimu, berdirilah, Ia memanggil engkau.” (Mrk 10:49b)

Saat murid murid mendengar Yesus memanggil si buta Bartimaeus, mereka pun mengerti bahwa dia pasti disembuhkan. Maka timbul gerakan ilahi dalam diri mereka untuk meneguhkan iman si buta, “kuatkan hatimu” sehingga terjadilah Yesus berkata “imanmu telah menyelamatkanmu” Bagaimana sikap hati kita kepada sesama yang butuh pertolongan Yesus? Maukah kita ambil bagian dalam karya penyelamatan Nya?

Beribadahlah kepada TUHAN dengan sukacita, datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai! (Mzm 100:2)

26 May 2010

Renungan Harian, 26 Mei 2010

Filed under: Renungan Harian — Tags: , — Renungan Harian @ 06:00

Lalu kata mereka: “Perkenankanlah kami duduk dalam kemuliaan-Mu kelak” (Mrk 10:37)

Seperti dua murid Yesus, Yohanes dan Yakobus, kita pun juga menginginkan kekuasaan dan kekayaan. Yesus mengajarkan caranya, untuk dapat menjadi seorang PEMIMPIN yang mempunyai kekuasaan, kita harus menjadi HAMBA yang melayani orang lain. Untuk bisa MEMILIKI segalanya, kita harus berani MENANGGALKAN segalanya. Aneh? Ya, karena kerajaan ALLAH memang BEDA, bahkan kebalikan dari kerajaan DUNIA. Berjuanglah terus untuk dapat duduk didalam kerajaan Allah di surga!

Megahkanlah TUHAN, hai Yerusalem, pujilah Allahmu, hai Sion! (Mzm 147:12)

25 May 2010

Renungan Harian, 25 Mei 2010

Filed under: Renungan Harian — Tags: , — Renungan Harian @ 06:00

Letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus. (1Ptr 1:13)

Ucapan Rasul Petrus ini, amat menyejukkan hati kita semua. Namun, kadang kita kurang sabar dan ingin agar janji keselamatan Yesus segera terwujud. Sadarlah, Tuhan tidak akan melupakan janji janji-Nya. Tuhan tidak akan terlambat menepati janji-Nya. Memang waktu Tuhan tidak sama dengan waktu kita, namun semuanya akan indah tepat pada waktunya. PERCAYALAH.

TUHAN telah memperkenalkan keselamatan yang dari pada-Nya, telah menyatakan keadilan-Nya di depan mata bangsa-bangsa. (Mzm 98:2)

24 May 2010

Renungan Harian, 24 Mei 2010

Filed under: Renungan Harian — Tags: , — Renungan Harian @ 06:00

Bagi manusia hal itu tidak mungkin, tetapi bukan demikian bagi Allah. Sebab segala sesuatu adalah mungkin bagi Allah. (Mrk 10:27)

Percaya total secara kepada Tuhan membutuhkan proses dan perjuangan yang terus menerus selama kita hidup. Hidup seringkali penuh ke tidak pastian. Namun totalitas dalam percaya membuat seseorang jadi mampu untuk melangkah meskipun dihadang ketidak pastian. Tidak ada yang mustahil bagi Allah. Tuhan menguduskan perjuangan kita. Tota Christi per Jesu

Diberikan-Nya rezeki kepada orang-orang yang takut akan Dia. Ia ingat untuk selama-lamanya akan perjanjian-Nya. (Mzm 111:7)

23 May 2010

Renungan Harian, 23 Mei 2010

Filed under: Renungan Harian — Tags: , — Renungan Harian @ 06:00

Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu (Yoh 14:26)

Inilah hari kebangkitan Gereja. Hari dimana para rasul mengabarkan Injil dengan penuh keberanian sesudah dipenuhi oleh Roh Kudus. Roh Kudus akan membimbing kita memahami sabda Yesus, sehingga kita dapat lebih mengasihi dan menjadi utusan-Nya. Bukalah hati agar Roh Kudus selalu ada dalam diri kita. Datanglah ya Roh Kudus, penuhi hati umat-Mu.

Utuslah Roh-Mu ya Tuhan dan jadi baru seluruh muka bumi (Mzm 104: 30)

22 May 2010

Renungan Harian, 22 Mei 2010

Filed under: Renungan Harian — Tags: , — Renungan Harian @ 06:00

Dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, dan yang menuliskannya dan kita tahu, bahwa kesaksiannya itu benar. (Yoh 21:24)

Hidup kristiani menjadi indah bila terus disuburkan oleh pengenalan dan kesaksian akan kasih Yesus yang meluap dalam diri setiap jiwa. Kita yang masih hidup, haruslah menerapkan pengalaman iman ini dalam kehidupan se-hari hari secara nyata. Laksanakanlah tugas pelayananmu dengan tulus ikhlas, sehingga melalui kita saksi Nya, terpancarlah wajah Kristus.

Sebab TUHAN adalah adil dan Ia mengasihi keadilan; orang yang tulus akan memandang wajah-Nya. (Mzm 11:7)

Older Posts »

Powered by WordPress