Renungan Harian

24 August 2012

Renungan Harian, 24 Agustus 2012 – Pesta Santo Bartolomeus

Filed under: Renungan Harian — Tags: , — Renungan Harian @ 05:30

Kata Natanael kepadanya: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” (Yoh 1:45-51)

Natanael yang disebut Bartolomeus tidak percaya bila Yesus asalnya dari Nazaret, desa kecil. Bagaimana mungkin sesuatu yang besar bisa muncul dari tempat yang sama sekali tidak terkenal? Kepolosan ini dianggap Yesus sebagai kejujuran dan keterbukaan Natanael. Yesus memuji Natanael sebagai orang Israel sejati dan tidak ada kepalsuan dalam dirinya. Seringkali kita tidak meyakini sesuatu bukan karena ketulusan seperti Natanael, melainkan karena arogansi kita. Kita harus jujur dalam bersikap dan tulus dalam perkataan serta selalu rendah hati.

Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu, untuk memberitahukan keperkasaan-Mu kepada anak-anak manusia, dan kemuliaan semarak kerajaan-Mu. (Mzm 145:11-12)

Bacaan Lengkap hari ini :

45  Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.”
46  Kata Natanael kepadanya: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?”
47  Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!”
48  Kata Natanael kepada-Nya: “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.”
49  Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!”
50  Yesus menjawab, kata-Nya: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.”
51  Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a comment

Security Code:

Powered by WordPress