Renungan Harian

27 September 2009

Katekismus : Apa itu Kitab Suci ?

Filed under: Katekismus Katolik,Renungan Harian — Renungan Harian @ 09:00

Apa itu Kitab Suci ?
 
Kitab Suci disebut juga Alkitab. Istilah “Kitab Suci” lebih akrab di hati umat Katolik. Karena Allah dan Sabda-Nya adalah suci, maka kitab yang memuat sabda-Nya disebut Kitab Suci. Sedangkan “Alkitab” berasal dari bahasa Arab yang artinya sang kitab,  lebih akrab di hati umat Protestan. Kitab Suci merupakan kumpulan buku yang ditulis oleh penulis manusia dengan ilham dari Allah. Buku buku tersebut berisi tulisan tentang wahyu Tuhan dan rencana keselamatan manusia.
 
Berapa jumlah kitab dalam Kitab Suci ?
 
Menurut Gereja Katolik, Kitab Suci terdiri dari 72 atau 73 kitab, tergantung dari cara kita menghitungnya. Perinciannya adalah 46 Kitab Perjanjian Lama dan 27 Kitab Perjanjian Baru; jumlah seluruhnya 73 kitab. Namun, karena Konsili Trente ( tahun 1545 – 1563 ) menghitung Kitab Ratapan sebagai bagian dari Kitab nabi Yeremia, maka jumlahnya menjadi 72  saja.
 
Kitab kitab dalam Kitab Suci ditulis dalam beberapa bentuk literatur yang berbeda. Penting bagi kita mengenali bentuk bentuk literatur yang berbeda tersebut ketika membaca Kitab Suci, sama halnya penting bgi kita mengenali bentuk bentuk tulisan yang berbeda dalam suatu surat kabar. Mialnya, ketika membaca surat kabar kita harus tahu apakah kita sedang membaca bagian editorial, atau berita, atau iklan.
 
Apa itu Perjanjian Lama ?
 
Perjanjian Lama atau Kitab kitab Yahudi, merupakan tulisan tentang hubungan Tuhan dengan Israel, “bangsa pilihan”. Ditulis antara tahun 900 SM  hingga 160 SM. Ke – 46 kita dalam Perjanjian Lama dapat dibagi dalam empat bagian :
5 Kitab Pentateukh,
16 Kitab Sejarah,
7 Kitab Puitis dan Hikmat,
Serta 18 Kitab Para Nabi
 
Sebagian besar Perjanjian Lama dipengaruhi oleh literatur negara negara tetangga Israel di Timur Tengah. Untuk menceritakan kisah kisah merka sendiri, bangsa Israel meminjam kebudayaan bangsa bangsa sekitarnya serta meniru bentuk bentuk literatur mereka.
 
7 Kitab yang termasuk Deutrokanonika
 
Kisah kisah tentang para tokoh terkenal, baik pria maupun wanita, dalam sejarah Israel dapat ditemukan dalam kitab kitab ini, termasuk tentang Raja Daud dan Raja Salomo, juga Debora, Yudit, Ratu Ester. Kitab kitab Sejarah mengungkapkan suatu pola hubungan yang menarik antara Tuhan dengan Bangsa Pilihan-Nya. Apabila mereka setia pada Tuhan dan pada hukum hukum- Nya, maka hidup mereka sejahtera dan Tuha melindungi mereka dari para musuh. Tetapi apabila mereka menyembah allah-allah lain dan hidup penuh cela dihadapan Tuhan, dengan kata lain mengatakan kepada-Nya, “Kami tidak membutuhkan Engkau,” maka bencana datang susul menyusul menimpa mereka.
 
Apa itu Perjanjian Baru?
 
Perjanjian Baru terdiri dari dua puluh tujuh kitab yang semuanya ditulis dalam bahasa Yunani antara tahun 50 M hingga 140 M. Perjanjian Baru mliputi Injil, Kisah Para Rasul, Epistula atau Surat surat dan Kitab Wahyu. Tema inti Perjanjian Baru adalah Yesus Kristus; pribadi Nya, pesan Nya, sengsara Nya, wafat serta kebangkitan Nya, identitas Nya sebagai Mesias yang dijanjikan dan hubungan Nya dengan kita sebagai Tuhan dan saudara.
 
( sesuai dengan aslinya dari : WP Maria Diangkat Ke Surga thn X/ 38 )

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL

Leave a comment

Security Code:

Powered by WordPress